A. Kemampuan perkembangan yang harus dicapai anak sesaat sebelum berumur 4 tahun.
1. Gerak kasar : Berjalan jinjit
2. Gerak halus : Meniru membuat gambar lingkaran.
3. Bicara, bahasa, dan kecerdasan: Mengenal dan menyebutkan paling sedikit 1 warna.
4. Bergaul dan mandiri : Mematuhi peraturan sederhana dalam permainan.
B. Stimulasi perkembangan yang perlu diberikan :
1. Melatih anak berjalan mengikuti garis lurus.
Latihlah anak berjalan mengikuti garis lurus, misalnya sepanjang garis
pada lantai. tunjukkan bagaimana menggunakan kedua tangan untuk menjaga
keseimbangan.
2. Membantu anak belajar melompat dengan satu kaki.
Ajarilah anak melompat dengan satu kaki seperti pada waktu main
engklek. Mula-mula anak perlu dipegang tangannnya. Lama-kelamaan
biarkan ia melakukannya sendiri.
3. Membantu anak belajar melempar benda kecil ke atas.
Ambillah benda kecil yang ringan, kemudian tunjukkan cara melemparkan
benda tersebut ke atas dan cara menjatuhkan benda ke dalam kaleng.
4. Membantu anak belajar menggunting dan membuat buku cerita dengan gambar tempel.
Tunjukkan kepada anak cara mengunting gambar dari majalah/koran/buku
bekas. Ajarilah anak untuk menyusun dan menempelkan gambar tersebut
pada kertas, sehingga membentuk suatu urutan cerita.
5. Melatih anak belajar “menjahit”
Tempelkan sebuah gambar pada karton. Lubangilah karton tersebut dengan
sebuah paku disekeliling gambar tersebut. Ambillah tali sepatu/tali
rafia yang salah satu ujungnya telah disimpulkan. MAsukkan ujung
lainnya ke dalam lubang-lubang tersebut menyerupai gerakan menjahit.
MIntalah anak untuk menirukannya.
6. Mintalah anak menggambar dan menulis.
Tunjukkan kepada anak cara membuat garis dan bulatan menjadi gambar
rumah, tonggak, matahari, bulan dan sebagainya. Tunjukkan pula cara
menulis huruf dan angka, serta menulis namanya. Latihlah agar ia
sedikit demi sedikit dapat menggambar dan menulis.
7. Melatih anak mengenal huruf dan angka
Untuk membantu anak mengenal huruf dan angka, buatlah potongan-potongan
karton sebesar kartu. Tuliskan angka 1 – 10 dan huruf A, B, C dan
seterusnya pada potongan-potongan karton tersebut satu persatu, dan
ajarkan cara menyebutnya. Mintalah kepadanya untuk mencari dan
menemukan tulisan yang sama di majalah/koran/buku. latihlah anak,
sampai ia mengenal semua huruf dan angka dengan baik.
8. Melatih anak mengenal bentuk dan warna
Sediakan kertas berwarna, karton, gunting, dan lem. guntinglah kertas
berwarna menjadi bentuk, misalnya segitiga, segi empat, lingkaran dan
sebagainya. BIcarakanlah dengan anak mengenai perbedaan bentuk dan
warna, serta tunjukkan cara membuat gambar tempel. Mintalah anak
menempelkan bentuk berwarna tersebut pada karton.
9. Memberi kesempatan kepada anak untuk menceritakan tentang dirinya, dan mengetahui urutan cerita.
Buatlah anak agar ia mau menceritakan kejadian yang dialaminya dan apa
yang dilihatnya. Bantulah anak dengan lebih dahulu menceritakanya,
kemudian mintalah ia melanjutkannya menurut urutanya.
10. Melatih anak mengenal perbandingan.
Ajarkan kepada anak membandingkan sifat benda, misalnya lebih panjang, lebih pendek, lebih besar, lebih muda, dan sebagainya.
11.Mengajari anak mengenal lawan kata.
Sebutkan beberapa kata yang biasa dipakai dalam percakapan sehari-hari,
misanya : panas, panjang, luas, dsb. Mintalah anak menyebutkan lawan
katanya.
12. Membantu anak belajar mandi dan mengeringkan tubuhnya.
Ajari anak cara mandi sendiri dengan sabun, membilas tubuh, dan mengeringkan dengan handuk.
13. Mengajak anak mengikuti kegiatan memasak, dan memberi kesempatan untuk bertanya.
Ajaklah anak untuk membantu memasak di dapur. berilah ia pekerjaan yang
mudah dan tidak berbahaya, seperti menimbang, mengaduk, membubuhkan
gula, dsb. Bicarakanlah apa yang sedang dikerjakan bersama, dan beri
kesempatan kepada anak untuk bertanya.
14.Melatih anak untuk bisa mengatasi kesedihan dan kekecewaan.
Bujuklah dan tenangkanlah anak ketika ia menangis atau kecewa dengan
cara membelainya dan berbicara kepadanya dengan lembut mengenai apa
yang dirasakannya.
15.Membantu anak mengenal sopan santun, berterimakasih, mencium tangan dansebagainya.
Ajarkanlah dan tunjukkanlah kepada anak sikap sopan santun, misalnya
menghormati orang yang lebih tua, mengucapkan terimakasih, mencium
tangan, berdoa, dan sebagainya.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar