Kematian Imam Asy- Syafi'i


Bismillah.

Imam Al Mujani sahabat imam asy syafi'i berkata"Saya menjenguk imam asy syafi'i saat beliau sakit yang menjelang wafatnya, kemudian saya bertanya kepadanya: 'Wahai abu 'Abdillah, bagaimana keadaanmu?', beliau mengankat kepalanya lantas berkata:"Aku akan pergi dari dunia,berpisah dengan sahabat- sahabatku,dan bertemu dengan kejelekan amalku, kemudian aku akan menghadap Alloh, aku tidak tahu ruh ku akan menuju syurga lalu ku ucapkan selamat kepadanya, ataukah ke neraka kemudian aku menolaknya", kemudian beliau menangis seraya berkata:

Tatkala hatiku mengeras dan terasa sempit ruang gerakku

Kujadikan harapanku agar selamat di bawah maaf-Mu


Betapa banyak dosaku,
tetapi ketika aku ukur dengan maaf-Mu...

Kudapati begitu besar wahai Rabb kata maaf-Mu


Engkau masih saja memberi maaf atas dosa dan selalu memberi maaf, karunia,
dan tentu...

Iblis takkan mampu memalingkan seorang hambapun jika bukan karena kuasaMu


Bagaimana tidak, sedang telah digoda Adam hamba pilihanMu


Sungguh aku telah melakukan dosa dengan kadar yang kutahu


Tapi Alloh tetap memberi maaf, kasih sayang, dan aku pun tahu





(ditulis kembali dari terjemahan kitab Masyahidul Ihtidhar, penulis Khalid bin Abdirrahman Asy Syayi' dan Sulthan bin Fahd Ar Rasyid, terbitan Dar Al Balansiyyah 1419 H)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar